Cara Mengobati Polip Rahim Tanpa Operasi

Polip rahim merupakan sebuah pertumbuhan jaringan tumor yang sering terjadi di endometrium atau lapisan dalam rahim yang merupakan tempat melekatnya embrio pada kehamilan. Harus anda ketahui ! Penyakit polip ini tidak hanya terjadi pada rahim saja, tetapi polip juga bisa terjadi pada hidung dan juga serviks.

Cara Mengobati Polip Rahim Tanpa Operasi

Cara Mengobati Polip Rahim Tanpa Operasi 

Secara umum polip tumbuh pada lapisan mukosa atau selaput lendir. Ujung polip yang menonjol biasanya selalu lebir besar dari pada batangnya yang melekat pada mukosa. Polip rahim biasanya merupakan sebuah tumor jinak dalm artian bukan termasuk kanker, namun polip ini dapat mengganggu dan menyebabkan masalah dalam siklus menstruasi (haid), kesuburan (kemampuan untuk memiliki anak).

Diagnosis untuk polip rahim tentunya dapat ditegakkan dengan cara melakukan pemeriksaan secara langsung dengan mengorek lapisan rahim (kuretase) yang kemudian akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium di bawah mikroskop. Selain itu, pemeriksaan juga dapat dilakukan dengan cara hysterogram (Rongsen rahim) dan histeroskopi (melihat dengan kamera serat optik).

Pengobatan Polip Rahim

Pengobatan polip rahim yang tidak menimbulkan masalah mungkin tidap perlu dilakukan. Tapi, jika mengalami pendarahan yang berat selama menstruasi atau mereka diduga jadi pankreas atau kanker rahim maka harus segera dilakukan pengobatan.

Penangan juga harus segera dilakukan jika mereka yang mengidap polip telah menyebabkan masalah selama kehamilan seperti keguguran, atau mengakibatkan mereka mengalami infertilitas pada wanita yang ingin hamil, dan polip rahim yang ditemukan setelah mengalami menopause.

Metode dalam pengobatan polip rahim dapat dilakukan dengan beberapa cara, meliputi :
  • Obat, obat polip rahim seperti QnC Jelly Gamat juga dapat digunakan untuk membantu mengatur keseimbangan hormonal. Obat seperti ini mampu meringankan gejala polip rahim.
  • Histeroskopi, selain sebagai alat untuk diagnostik histeroskopi ini juga dapat dijadikan sebagai metode dalam melakukan pengobatan. Pengobatan yang dilakukan dengan histeroskopi ini dilakukan ketika alat ini di masukkan kedalam rahim dan ketika terlihap adanya polip, maka langsung dilakukan pengankatan.
  • Kuretase, melakukan pengobatan dengan cara ini juga dapat dilakukan sama seperti di atas, bahkan terapi yang dilakukan dengan cara seperti ini bisa dikombinasikan. Teknik ini efektif untuk mengatasi polip kecil. 

Melakukan operasi tambahan perlu untuk dilakukan jika polip yang dialami sulit untuk dibuang atau dihilangkan dengan metode seperti di atas. Jika anda yang takut untuk melakukan operasi dan ingin tetap sembuh meskipun tidak melakukan operasi, maka caranya adalah dengan : obat polip rahim tanpa operasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Alami Mengobati Luka Psoriasis

Khasiat Dan Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista Coklat